20 Cara mengemudi yang aman dan nyaman

Natal dan Tahun Baru sudah di depan mata. Mungkin banyak dari Anda yang sudah merencanakan untuk berlibur ke luar kota, bahkan ke luar negeri. Nah, dibawah ini ada beberapa tips bagi Anda yang ingin bepergian bersama keluarga dengan menggunakan kendaraan pribadi.

  1. Pastikan makan dan tidur Anda cukup dan berkualitas. Tidak perlu makan makanan yang mengandung kafein tinggi.
  2. Usahakan untuk menepi dan beristirahat beberapa jam, meskipun Anda tidak merasa ngantuk. Ambilah makanan kecil, hirup udara segar, serta renggangkan kaki-kaki Anda dengan cara berjalan. Bila perlu, tidur sebentar merupakan obat yang mujarab.
  3. Kalau bisa, menyetir secara bergantian dengan teman Anda, akan sangat membantu saat bepergian jauh. Jika Anda seorang diri, nyalakan radio dan buka kaca mobil Anda. Jangan sekali-kali menggunakan fitur cruise control saat mengemudikan kendaraan di malam hari, karena permainan pedal gas dapat membantu Anda tetap terjaga.
  4. Jika tidak dalam keadaan darurat, jangan pernah memarkir kendaraan Anda di bahu jalan.
  5. Kenali peraturan lalu-lintas rute yang Anda lalui. Yang terpenting, jangan menggunakan telepon saat mengemudi. Jika memang diperlukan untuk menggunakan telepon, maka gunakan perangkat tambahan seperti “hands-free”.
  6. Dilarang keras untuk minum minuman beralkohol saat mengemudi. Meskipun satu botol bir tidak akan membuat Anda mabuk, tetapi disaat tertentu, bir tersebut dapat membuat anda mengantuk.
  7. Selalu amati langit disekitar Anda. Cuaca buruk dan rencana rute perjalanan Anda akan berantakan. Selain memakan waktu, tidak menutup kemungkinan Anda akan menghabiskan beberapa lembar kertas dari dalam dompet Anda.
  8. Jika memungkinkan, cari website atau dengarkan radio mengenai informasi lalu lintas.
  9. Tidak semua GPS (Global Positioning System) dapat membantu Anda ketika berkendara. Jadi, dianjurkan untuk membawa peta yang detil sebagai cadangan.
  10. Jika Anda menggunakan mobil sewaan, maka kenali dan biasakan seluruh fitur kendaraan tersebut, seperti klakson, rem, lampu hazard.
  11. Simpan barang-barang bernilai Anda didalam sebuah kotak, dan simpan dibelakang kendaraan Anda.
  12. Kenali seluruh peraturan lalu lintas disekitar Anda. Karena setiap kota, memiliki peraturan lalu lintas yang berbeda-beda.
  13. Sebelum berkendara jauh, pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima.
  14. Selalu bekali kendaraan Anda dengan asuransi.
  15. Selalu meminimalisir biaya bahan bakar gas, dengan tidak sering melakukan efek “stop and go”.
  16. Jangan menunggu untuk mengisi bensin saat indikator menyentuh garis “E”. Karena Anda tidak tahu, kapan pom bensin selanjutnya akan terlihat.
  17. Saat bepergian bersama anak-anak, usahakan agar sering berhenti. Tidak hanya untuk ngemil dan beristirahat, tetapi juga untuk bermain-main. Usahakan untuk melihat tempat bermain disekitar perjalanan.
  18. Jika tidak memiliki stok makanan kecil, Anda bisa berhenti di pom bensin terdekat dan biasanya disana tersedia mini market yang menjual makanan-makanan kecil yang menyehatkan dan harga yang juga cukup terjangkau.
  19. Sediakan sapu tangan, toples plastik, dan kulkas kecil untuk menyimpan makanan. Juga sediakan P3K, lampu senter, bantal dan selimut. Jangan lupa sediakan juga perangkat “jumper” dan ban cadangan.
  20. Tip terakhir, pastikan pengemudi dan penumpang menggunakan sabuk pengaman. Hal ini tidak hanya membuat Anda merasa aman, namun juga sebagai peraturan lalu lintas yang harus Anda patuhi.

Melalui tips ini, semoga perjalanan Anda menyenangkan dan selamat sampai tujuan.

Selamat Hari Natal 2011 dan Tahun Baru 2012

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s