Cara Ampuh Lakukan “Test Drive”

Dengan berkembangnya teknologi industri otomotif di Indonesia sekarang ini, dapat menyulitkan kita dalam memilih kendaraan apa yang cocok bagi kita. Bahkan banyak dari konsumen bisa membeli sebuah kendaraan, hanya karena promo-promo maupun hadiah yang disuguhkan oleh pihak produsen.

Meskipun sebuah kendaraan bisa terlihat bagus di sebuah brosur ataupun ulasan dari para kritikus otomotif, terkadang konsumen masih mencari-cari kelemahan dari sebuah kendaraan. Namun diluar itu semua, apakah kendaraan yang kita beli sudah sesuai dengan keinginan maupun hasrat kita? Agar tidak terjadi kekecewaan setelah membeli sebuah produk yang terbilang tidak murah tersebut, ada baiknya kita melakukan “Test Drive” terlebih dahulu.

Jika Anda tidak yakin maupun tidak mengetahui apa yang harus dilakukan, maka melalui artikel yang saya ambil dari sebuah internet ini, mungkin bisa menjadi referensi Anda saat melakukan test drive mobil idaman.

1. Sabar
Harap diingat! Membeli kendaraan adalah keputusan besar yang melibatkan banyak uang. Menebus sebuah kendaraan dapat diartikan sebuah investasi jangka panjang, dimana Anda akan menggunakan kendaraan tersebut beberapa tahun mendatang.

Lakukan pengetesan di medan jalan dan kecepatan yang beragam, seperti di perkotaan, jalan tol, komplek perumahan, dll. Pada dasarnya, Anda harus mencoba untuk meniru gaya mengemudi Anda sehari-hari agar mendapatkan informasi bagaimana mobil tersebut dapat tampil dibawah kondisi normal.

Percaya saja. Ambil waktu sebaik-baiknya saat test drive dan pada akhirnya kesabaran dapat melunasi seluruh kekhawatiran Anda dalam jangka waktu yang lama.

2. Parkir
Saat melakukan pengetesan, cobalah untuk memarkirkan mobil tersebut. Apakah mudah atau sulit? Adakah efek “blind spot” saat mundur? Dapatkah Anda keluar masuk dengan mudah?

Banyak dari kita tidak memikirkan beberapa aspek diatas ini. Dimana hal tersebut bisa menjadi masalah.

3. Bermain dengan Teknologi dan Fitur
biasakan diri Anda dengan berbagai teknologi dan beragam fitur yang disematkan didalam kendaraan tersebut. Apakah mudah atau kikuk saat menggunakannya? Luangkan waktu sejenak untuk mencoba koneksi bluetooth untuk melakukan panggilan telepon (jika ada).

Cobalah berbagai fitur yang Anda anggap penting dan sering Anda pakai saat mengendarainya. Selain itu, Anda juga harus mencurahkan waktu untuk menguji cara kerja gas, rem dan sistem kemudi.

4. Uji Pengendalian sebagai pengemudi dan penumpang
rasakan bagaimana pengendalian mobil tersebut bila Anda duduk di bangku pengemudi maupun di bangku penumpang. Pengendalian sebuah kendaraan bisa menjadi aspek yang sangat penting dalam pengalaman berkendara. Meskipun Anda menyukai bentuk mobil tersebut, namun cara berkendara dapat meminimalisir segala aspek penting saat memilikinya.

Jika Anda sering mengajak pergi teman-teman Anda, pastikan mereka ikut ambil bagian dalam test drive. Pastikan mereka juga merasakan kenyamanan saat berada didalam mobil tersebut.

5. Dengar apapun dan segala sesuatu
Pada titik tertentu, cobalah untuk mematikan radio dan segala sesuatu agar Anda bisa mendengarkan kalau-kalau ada masalah dengan mobil tersebut. Tingkat kebisingan angin dan suara ban yang masuk kedalam kabin adalah masalah utama di beberapa pengemudi.

Apapun suara yang terdengar, harus diselidiki, karena hal itu bisa menjadi masalah keamanan.

6. Jangan jatuh kedalam rasa aman yang palsu
Ingat! Hanya karena Anda menguji mobil baru, bukan berarti kendaraan tersebut bebas dari cacat dan masalah lain. Anda juga harus teliti sama seperti Anda membeli mobil bekas.

Lihat pada bagian cat, dan material kabin. Meskipun mobil terlihat sempurna saat keluar dari pabrik, goresan kecil dapat terjadi ketika mobil diangkut ke dealer.

7. Mengajak Teman
Terakhir dan yang terpenting ajak teman Anda. Dua pasang mata dan telinga akan lebih daik daripada satu. Bawa teman atau anggota keluarga yang dapat membantu Anda melihat hal yang tidak mungkin Anda tangkap sendiri.

Harap diingat!!! Anda tidak harus menjadi seorang pakar untuk membuat sebuah keputusan yang tepat. Namun dari semua cara diatas, keputusan kembali saya serahkan kepada Anda masing-masing individu. Selamat mencari mobil idaman.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s