Tips Menyusui Di Tempat Umum

Bagi seorang ibu yang baru saja melahirkan seorang anak, sudah menjadi kewajibannya untuk memberikan nutrisi dan gizi terbaik untuk sang bayi. Salah satunya dengan memberikan Air Susu Ibu (ASI). Selama enam bulan pertama, sang ibu berkewajiban untuk menyuplai ASI kepada sang bayi.

Salah satu kendala yang dirasakan para ibu kebanyakan adalah menyusui di tempat umum maupun terbuka. Jika Anda tidak nyaman untuk melakukannya di depan umum, bisa jadi ruang gerak Anda menjadi sangat terbatas. Mungkin Anda merasa cemas tentang menyusui di depan umum. Jika Anda merasa khawatir tentang apa yang orang akan pikirkan, dan berapa banyak kulit yang akan Anda tunjukkan, mungkin beberapa tips ini bisa Anda lakukan.

  1. Berlatih di rumah.

Percaya diri mungkin menjadi masalah terbesar bagi Anda para ibu yang sedang menyusui di tempat umum untuk pertama kalinya. Gunakan berbagai ruangan di rumah Anda untuk mencoba dan berlatih untuk menyusui di depan orang lain.

  1. gunakan “Bra” khusus untuk menyusui.

Apapun jenis bra yang Anda gunakan, pastikan bra tersebut mudah dioperasikan dengan satu tangan. Hal ini akan membantu kenyamanan dan membuat keseluruhan proses membuat Anda tidak stress.

  1. Gunakan cover atau nursing scarf.

Usahakan membawa cover atau nursing scarf saat Anda bepergian. Karena tidak semua pusat perbelanjaan maupun mall menyediakan ruangan khusus ibu menyusui.

  1. Gunakan tas gendong bayi.

Tas gendong bayi memudahkan Anda saat menyusui si kecil. Karena posisi kepala si bayi bisa dihadapkan kebagian payudara sang ibu. Opsi ini akan sangat berguna saat bayi sudah agak besar dan bisa menahan kepalanya sendiri.

  1. Pakai pakaian berlapis.

Jika Anda terlalu cemas untuk memperlihatkan kulit Anda, dengan pakaian berlapis akan sangat membantu pekerjaan Anda. Gunakan model “tank top” untuk lapisan dalam dan kaos pada bagian luarnya. Anda tinggal menurunkan “tank top” sampai sebatas payudara bagian bawah untuk menutupi bagian perut, dan naikkan kaos Anda hingga bagian atas payudara Anda tertutupi.

  1. Cari lokasi yang nyaman.

Tempat duduk di taman perumahan Anda bisa menjadi tempat yang nyaman untuk menyusui. Mencari “spot” duduk yang nyaman akan membuat orang berpikir Anda hanya bersantai bersama si kecil, tanpa mengetahui bahwa sebenarnya Anda sedang menyusui.

  1. Lihat petunjuk dari si kecil.

Bayi yang lapar dan senang, biasanya akan langsung menghisap ASI dari payudara Anda. Namun yang rewel dan kecewa, biasanya akan terus menangis dan menolak untuk menghisap ASI satu hingga dua menit diawal. Oleh karena kulit Anda akan terbuka dan orang lain akan mulai memperhatikannya.

  1. Berlatih merespon komentar negatif.

Untungnya sangat jarang orang memberikan komentar negatif pada saat Anda sedang menyusui bayi Anda. Tetapi kalaupun ada, Anda bisa menanggapi komentar tersebut secara sopan dan tegas. Contohnya “Anak saya sedang lapar, jadi saya menyusui dia.”

  1. Mencegah orang lain melihat saat Anda sedang menyusui.

Banyak cerita dari para ibu tentang orang lain yang ingin melihat si kecil sedang tidur, namun pada kenyataannya sang bunda sedang menyusui. Jika Anda berada pada posisi itu, maka Anda bisa bisa berbicara dengan sopan, “Maaf, si kecil sedang menyusui, bukan tidur.”

  1. Ketahui Hak Anda.

Undang-undang mengenai ibu menyusui sudah dilindungi oleh negara. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat di website tertentu. [And]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s